UPN "Veteran" Yogyakarta Resmikan Laboratorium Riset Terpadu | UPT Labroratorium Terpadu UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) pada hari Jumat (23/2/2024) telah meresmikan Gedung dan Alat Laboratorium Riset Terpadu  oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X. Acara tersebut urut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Jajaran Polda DIY, serta Jajaran Kejaksaan Tinggi DIY.

Rektor UPNYK, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., mengatakan bahwa laboratorium ini menjadi tonggak UPNYK untuk menegaskan posisi keunggulannya. UPNYK dikenal sebagai perguruan tinggi yang memiliki keunggulan yang terdiferensiasi pada bidang kebumian, energi, dan lingkungan.

"Laboratorium Riset Terpadu UPNYK yang didanai melalui pendanaan SBSN tahun 2023 ini untuk menegaskan bagaimana cara UPNYK mencapai target-target kinerja berbasiskan pada keunggulan yang terdiferensiasi, yaitu pada bidang kebumian, energi, dan juga lingkungan" ujar Rektor.

Gusti Paku Alam X dalam sambutannya (23/2/2024) menyampaikan, harapannya adalah fasilitas ini mampu memberikan daya dorong terhadap kemajuan proses belajar mengajar di UPNYK. Dirinya berpendapat, kegiatan belajar mengajar dan riset yang berkualitas mengambil peran penting dalam kemajuan institusi perguruan tinggi.

“Menjadi harapan kita bersama dengan diresmikannya gedung dan fasilitas ini, mampu mendukung kegiatan belajar mengajar dan riset yang semakin berkualitas. Kita sadari, riset memiliki peranan penting dalam kemajuan pendidikan tinggi,” kata Paku Alam X.

Dr. Ir. Joko Soesilo, M.T., IPM., selaku Kepala Laboratorium Terpadu UPNYK, mengungkapkan bahwa realisasi dari hibah tersebut terwujud dalam pembelian alat pada tahun 2023, di antaranya alat SEM-MLA, XRD, XRF, RT-PCR, Separasi Mineral, Wavelength Dispersive X-Ray, Mercury Analyzer, Simultaneous Thermal Analyzer, dan UTM Compression. Salah satu yang menjadi sorotan adalah keberadaan SEM-MLA, yaitu Scanning Electron Microscope - Mineral Liberation Analyzer, yang menjadi satu-satunya di Indonesia dan tidak tersedia di laboratorium lain.

Pembangunan Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu bentuk dukungan dan berkontribusi nyata UPN “Veteran” Yogyakarta terhadap Kebijakan Kemdikbudristek terkait Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang penelitian/ riset maju melalui sistem manajamen laboratorium yang unggul.